Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Temu Kewirausahaan Gapoktan Pra Penumbuhan LDPM Tahun 2016
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 12-08-2016 |

Temu kewirausahaan yang di hadiri oleh pengurus Gapoktan LDPM Pra Penumbuhan ini guna memotivasi agar dalam melaksanakan kegiatan apabila bantuan hibah telah cair para pengurus terus menerus bersemangat dan berkelanjutan.

Bertempat di Balai Dukuh 7, Desa Tayuban pertemuan yang dilaksanakan tanggal 11 Agustus 2016 ini menghadirkan pembicara Bapak Margiyono, SS dari Gapoktan Panca Manunggal, Sogan, Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. Beliau memberikan informasi yang sangat memotivasi tentang kiat sukses penggilingan padi. Penggilingan padi adalah salah satu tahapan pasca panen padi yang terdiri dari rangkaian beberapa proses nuntuk mengolah padi menjadi beras siap konsumsi. Padi yang dapat dimasukkan pada proses penggilingan padi adalah padi kering giling, yaitu padi yang memiliki kadar air 13 – 15% dan keluar berupa sosoh berwarna putih yang siap tanak. Yang dimaksud sebagai hasil utama proses penggilingan padi adalah beras sosoh yaitu gabungan beras kepala dan beras patah besar dan kecil. Sekam dan bekatul merupakan hasil sampingan. Kualitas padi akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas beras yang dihasilkan. Kualitas padi yang baik akan berpengaruh pada tingginya rendemen giling. Rendimen giling adalah persentase berat beras sosoh terhadap berat padi yang digiling. Sedangkan pemasaran harus dapat menafsirkan kebutuhan – kebutuhan konsumen dan mengkombinasikannya dengan data pasar seperti dengan data pasar seperti : lokasi konsumen, jumlahnya, dan kesukaan mereka.

  1. Kiat-kiat sukses dalam menjalankan proses penggilingan padi
  1. Sebagai seksi usaha harus
  1. jujur
  2. bertanggungjawab
  3. iklas
  4. Konsekuen
  5. Tertib administrasi
  1. Prinsip dalam mencari bahan baku
  1. Teliti
  2. Tertib dalam penimbangan
  3. Selalu control kualitas
  4. Survey di lokasi
  1. Keberhasilan pemasaran tidak terlepas dari :
    1. Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.
    2. Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualannya.
    3. Menentukan produk dan program pemasarannya
    4. Mengadakan penelitian pada konsumen, untuk mengukur, menilai, dan menafsirkan keinginan, sikap, serta tingkah laku mereka.
    5. Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah, atau model yang menarik.

Materi senada juga diberikan oleh Bapak Agus Amin Syaifuddin dari LSM PINBUK. Bahwa perubahan yang tidak direncanakan apabila tidak dikenali dan diantisipasi dengan baik, ada kemungkinan akan menggagalkan perubahan yang direncanakan. Aktor penggagas dan penggerak perubahan perlu secara terus  menerus memantau proses perubahan yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan. Strategi perubahan perlu didukung oleh tiga kaki yakni struktur, kultur dan proses. Apabila aktor penggagas perubahan tidak memperhatikan ketiga kaki pendukung strategi perubahan, maka strateginya akan gagal, yang pada gilirannya membuat perubahan yang ditawarkan oleh aktor akan mengalami kegagalan. Jadikanlah pekerjaanmu adalah media belajar maka anda akan dapat dua sekaligus : uang dan ilmu orang yang bekerja untuk uang adalah seperti larinya seokor tikus dalam ‘sangkar tikus’. buatlah uang mengejar anda, janganlah anda mengejar uang.

"Kalau Anda menginginkan perubahan kecil dalam hidup, ubahlah perilaku Anda. Tetapi bila Anda menginginkan perubahan yang besar dan mendasar, ubahlah pola pikir Anda." (Stephen Covey).

Lainnya :
*
Optimalkan Serapan Gabah, BKPP DIY Gelar Rakor
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-08-2018 |
*
BKPP DIY Ikut Ramaikan Hari Jadi Sleman
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Toko Tani Indonesia Center (TTIC) DIY Adakan Bazaar Selama 12 Hari
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-05-2018 |
*
BKPP DIY Adakan Temu Gapoktan bersama Koppasindo
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 22-03-2018 |
*
Toko Tani Indonesia (TTI) Center Ikuti Pameran Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-03-2018 |

Beranda Bidang Distribusi Pangan