Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Seminar / Sidang Komisi Teknis OKKPD DIY
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : User Konsumsi | 03-10-2016 |

Pada hari Selasa, tanggal 27 September 2016 bertempat di Ruang Rapat Dewi Sri BKPP DIY diadakan acara Seminar / Sidang Komisi Teknis OKKPD DIY TA. 2016. Pertemuan tersebut dihadiri Komisi Teknis, Petugas PMHP, perwakilan kelompok tani, tim manajemen OKKPD-BKPP DIY dan instansi terkait di kabupaten/kota. Seminar / sidang bertujuan menyampaikan hasil audit catatan, audit lapangan dan hasil uji laboratorium oleh petugas Pengawas Mutu Hasil Pertanian, kemudian ditelaah dan diberikan rekomendasi oleh Tim OKKPD DIY sehingga Ketua OKKPD dapat memutuskan apakah kelompok / pemohon tersebut ditunda, diterima maupun ditolak permohonannya.

Seminar / sidang kali ini menyidangkan 5 kelompok, baik pengajuan sertifikasi packing house, surveilen maupun registrasi PD. Kelompok tersebut antara lain KT. Surya Makmur untuk pengajuan Sertifikasi Prima 3, Paguyuban Petani Salak “Mitra Turindo” untuk pengajuan Registrasi Rumah Kemas (packing house), KT. Rukun untuk pengajuan Surveilen Prima 3,  UD. Eka Maju dan KWT. Melati  untuk pengajuan Registrasi PD.

                                                                                    

KT. Surya Makmur dengan komoditas salak pondoh, mengajukan permohonan Sertifikasi Prima 3. Kelompok sudah mampu menerapkan persyaratan administrasi dan teknis sehingga berdasar pertimbangan Komisi Teknis OKKPD DIY dapat diterima untuk mendapatkan Sertifikasi Prima 3. Paguyuban Petani Salak “Mitra Turindo” dengan komoditas salak pondoh, mengajukan permohonan Registrasi Rumah Kemas. Kelompok ini sudah mampu menerapkan persyaratan registrasi rumah kemas dan lolos uji laboratorium, sehingga registrasi rumah kemas dapat diberikan namun dengan catatan dapat segera memperbaiki kekurangan dalam waktu maksimal 1 bulan. KT. Rukun dengan komoditas jambu Dalhari telah mendapatkan Sertifikasi Prima 3, oleh karena itu dilaksanakan surveilen untuk mengetahui konsistensinya dalam penerapan persyaratan Sertifikasi Prima 3. Kesimpulan sidang bahwa KT. Rukun masih konsisten menerapkan persyaratan Sertifikasi Prima 3 dan lolos uji laboratorium, maka Sertifikat Prima 3 dapat terus digunakan.

UD. Eka Maju dengan komoditas kacang hijau mengajukan permohonan Registrasi PD. Registrasi PD dilakukan guna mengetahui kemampuan pelaku usaha/petani dalam menerapkan standar persyaratan GMP (Cara Pengolahan Pangan yang Baik) komoditas kacang hijau. Kesimpulan sidang bahwa UD. Eka Maju mampu menerapkan persyaratan registrasi PD dan lolos uji laboratorium, sehingga registrasi PD dapat diberikan namun dengan catatan dapat memperbaiki kekurangan dalam waktu maksimal 1 bulan.  KWT. Melati dengan komoditas tepung sorgum mengajukan permohonan Registrasi PD, dari hasil sidang bahwa permohonan KWT. Melati ditunda karena ada parameter uji laboratorium yang belum memenuhi syarat.

Melalui kegiatan ini lembaga OKKPD-DIY yang merupakan lembaga fungsional penjamin mutu produk pangan segar diharapkan mampu membantu konsumen untuk mengevaluasi dan memilih produk, membantu produsen dalam peningkatan mutu, melakukan perdagangan yang jujur, meningkatkan kesehatan masyarakat / konsumen dan peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya produsen.  

                                                                                                        

Lainnya :
*
Penerimaan Hibah KRPL Tahun 2018
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 09-07-2018 |
*
Kunjungan Special Reporter (SR) Dewan Hak Azasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) ke Kulon Progo
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 16-04-2018 |
*
Diseminasi Perda - Pergub Penjaminan Mutu dan Keamanan PSAT di Daerah Suplier
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 30-10-2017 |
*
BKPP DIY Sosialisasikan HET Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 27-10-2017 |
*
BKPP DIY Lakukan Pemantauan Mutu Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 19-10-2017 |

Beranda Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan