Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Peresmian Gudang Cadangan Pangan di Gapoktan Bumi Rahayu, Dadi Mandiri, Sendangarum
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 28-10-2016 |

Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) kembali mengadakan acara Peresmian Gudang Cadangan Pangan. Setelah pada tanggal 18 November 2015 Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta meresmikan gudang cadangan pangan di Gapoktan Patalan, Desa Patalan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, kini pada tanggal 27 Oktober 2016  Asisten Perekonomian dan Pembagunan Setda DIY didampingi  Kepala BKPP DIY dan Kepala Kantor P4K Kulonprogo  menggunting pita tanda diresmikannya  Gudang Cadangan Pangan di Gapoktan Bumi Rahayu, Desa Bugel Pamjatan Kabupaten Kulonprogo,,Gapoktan  Dadi Mandiri Desa margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman  dan Gapoktan Sendangarum, Desa Sendangarum, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman.

Dalam laporannya Kelapa BKPP DIY Ir. Arofa Noor Indriani, M. Si  menyampaikan bahwa  bahwa dalam rangka mendukung peningkatan  ketahanan pangan bagi masyarakat, peranan distribusi  pangan yang efisien dan efektif sangat diperlukan dan diupayakan terus kelancarannya baik pada wilayah/desa sentra produksi maupun juga pada wilayah/desa konsumen pangan melalui peran-peran pengaturan dari produksi yang dihasilkan setempat maupun pasokan pangan dari luar dan hibah kepada masyarakat. Oleh sebab itu, peran-peran distribusi di daerah sentra produksi dikembangkan melalui fasilitasi Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM).

Fasilitasi LDPM ini memiliki peranan yang sangat strategis, karena berfungsi untuk cadangan pangan dan distribusi pangan prioritasnya untuk stabilisasi harga, artinya:

  1. Cadangan pangan dapat berfungsi untuk penyediaan pangan bagi petani/masyarakat ketika terjadi rawan transien (terjadi musibah) dan rawan akibat masa paceklik. Cadangan pangan dipinjamkan kepada anggota pada saat paceklik dan mengembalikan pada saat panen. Pengaturan cadangan pangan seperti ini, diharapkan masyarakat secara berkesinambungan dapat membudayakannya, sehingga budaya menabung / menyimpan cadangan pangan ini pada akhirnya dapat memperkuat cadangan masyarakat di tingkat Gapoktan/Desa.
  2. Distribusi pangan ini dapat berfungsi untuk mengatur ketersediaan pangan antar waktu, antar wilayah, peningkatan pendapatan petani dan usaha produktif di tingkat Gapoktan. Pada saat panen, harga biasanya turun bahkan dibawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP), untuk itu Gapoktan dengan fasilitasi LDPM ini harus membeli minimal HPP sehingga nilai jual hasil petani dapat sesuai harga dasar minimal, apabila harga disekitar sama atau lebih rendah agar dilaksanakan tunda jual atau dipasarkan kedaerah lain yang harganya lebih tinggi.

Disadari betul bahwa sampai dengan saat ini, fasilitasi Penguatan LDPM masih jauh dari pemenuhan kebutuhan riil di tingkat lokasi,  tetapi diharapkan penguatan modal yang diberikan dapat berperan sebagai pemicu dan pemacu terciptanya kestabilan harga bahan pangan yang dihasilkan oleh para petani dalam rangka stabilisasi harga dan membangkitkan kembali budaya masyarakat di dalam penyimpanan dan menyimpan  bahan pangan. 

Lainnya :
*
Optimalkan Serapan Gabah, BKPP DIY Gelar Rakor
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-08-2018 |
*
BKPP DIY Ikut Ramaikan Hari Jadi Sleman
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Toko Tani Indonesia Center (TTIC) DIY Adakan Bazaar Selama 12 Hari
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-05-2018 |
*
BKPP DIY Adakan Temu Gapoktan bersama Koppasindo
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 22-03-2018 |
*
Toko Tani Indonesia (TTI) Center Ikuti Pameran Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-03-2018 |

Beranda Bidang Distribusi Pangan