Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Workshop Penyempurnaan dan Harmonisasi Doksistu
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 11-11-2016 |

OKKP-D tidak lepas dari fungsi pengawasan keamanan pangan yang menjadi salah satu komponen dalam proses integrasi pasar bersama ASEAN/AEC. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk mengupayakan peningkatan kapasitas dan kualitas OKKP-D agar dapat mendukung kegiatan pengawasan yang dilakukan melalui skema pendaftaran produk, sertifikasi atau rekomendasi keamanan pangan  yang akan beredar di pasar. Peningkatan tersebut akan dapat dicapai apabila dibangun/dikuatkannya mekanisme pengawasan yang sistematis sehingga operasional pengawasan akan berjalan secara efektif.

Seiring dengan berkembangnya sistem manajemen mutu, OKKP-D juga dituntut untuk menerapkan sistem manajemen mutu yang terkini, dimana sistem manajemen ini sangat dinamis dalam perkembangannya. Dengan demikian untuk menyelaraskan perkembangan sistem manajemen tersebut OKKP-D harus melakukan penyesuaian, agar kinerjanya mempunyai tingkat keberterimaan yang tinggi.

Dalam upaya membangun sistem kelembagaan pengawasan keamanan pangan, awalnya OKKP-D mengacu pada dokumen sistem manajemen mutu (doksistu) yang disusun berdasarkan standar acuan ISO GUIDE 65/ PBSN 401:2006 tentang Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Produk, namun saat ini standar acuan tersebut telah direvisi menjadi SNI ISO/IEC 17065 : 2012 tentang Penilaian kesesuaian Persyaratan untuk lembaga sertifikasi produk, proses dan jasa. Sebagaimana  telah ditegaskan oleh Plt. Direktur Jenderal PPHP melalui surat Nomor 1185/PP.120/G/9/2013 tanggal 18 September 2013, tentang pemberlakuan SNI ISO/IEC 17065:2012, dimana OKKP-D harus sudah menerapkan SNI tersebut terhitung Januari 2016, maka pemutakhiran terhadap sistem pengawasan mutu keamanan pangan sesuai dengan standar acuan terkini masih harus terus disempurnakan dan diharmonisasi/ diselaraskan dengan program pengawasan antara pusat dan daerah.

Melalui workshop yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 2016 ini diharapkan agar penyempurnaan Dokumen Sistem Mutu yang merupakan representasi kebijakan kelembagaan OKKP-D-DIY sesuai dengan standar acuan terkini ditambah dengan hasil tindak lanjut temuan audit internal dan kaji ulang manajemen, dapat disebarluaskan dan difahami dengan baik oleh seluruh tim Manajemen OKKP-D beserta instansi dan stake holder terkait serta mendapatkan umpan balik dari semua pihak demi perbaikan yang berkesinambungan pada Lembaga OKKP-D ke depan.

Dengan tujuan untuk penyebarluasan informasi hasil pemutakhiran dan penyempurnaan Dokumen Sistem Mutu pada seluruh tim Manajemen OKKP-D DIY beserta instansi dan stake holder terkait dan mendapatkan umpan balik dari semua pihak demi perbaikan yang berkesinambungan pada Lembaga OKKP-D ke depan. Peserta Workshop Penyempurnaan dan Harmonisasi Doksistu tersebut sebanyak 50 (lima puluh) orang yang terdiri dari Tim lembaga OKKP-D DIY, petugas teknis dari BKPP kabupaten/kota dan Provinsi, Instansi dan stake holder terkait.

Lainnya :
*
Penerimaan Hibah KRPL Tahun 2018
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 09-07-2018 |
*
Kunjungan Special Reporter (SR) Dewan Hak Azasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) ke Kulon Progo
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 16-04-2018 |
*
Diseminasi Perda - Pergub Penjaminan Mutu dan Keamanan PSAT di Daerah Suplier
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 30-10-2017 |
*
BKPP DIY Sosialisasikan HET Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 27-10-2017 |
*
BKPP DIY Lakukan Pemantauan Mutu Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 19-10-2017 |

Beranda Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan