Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
WORKSHOP SISTEM KEMANAN PANGAN TERPADU (SKPT)
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-11-2016 |

Sejak ditetapkannya SK Kepala BKPP DIY Nomor : 188/0772/IV Tahun Anggaran 2010 tentang Pembentukan Jejaring Kerjasama Keamanan Pangan Berbasis Analisis Resiko Melalui Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) di DIY, telah dilaksanakan pertemua-pertemuan dengan stake holder yang terlibat dalam jejaring JKPD secara kontinyu. Sistem jejaring tersebut juga telah diaplikasikan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing.

Dari hasil evaluasi yang diselenggarakan TA 2015, hasilnya diharapkan dapat sebagai acuan pengambilan kebijakan dalam rangka perencanaan kedepan sesuai dengan database maupun kenyataan di lapangan. Selain itu perlu adanya peningkatan pembinaan dan pengawasan dalam rangka peningkatan mutu dan gizi pangan di wilayah DIY untuk mengetahui sejauh mana stake holder yang terlibat melakukan penanganan keamanan pangan berdasarkan tugas dan kewenangannya masing-masing, sehingga diselenggarakan Workshop Sistem Keamanan Pangan Terpadu (SKPT) pada tanggal 15 November 2016.

Hasil Pengawasan Makanan jajanan anak sekolah oleh DINKES DIY tahun 2016, masih ditemukan cemaran pada makanan jajanan anak sekolah sehingga perlu perhatian dari semua pihak yang terlibat dalam pengendalian MJAS  dan jasa boga dan meningkatkan peran lintas program dan lintas sektor dalam implementasi regulasi  keamanan pangan.

Masalah pengawasan produk hewan sangat kompleks, diperlukan kerjasama antar pemangku kepentingan, yaitu pemerintah sebagai regulator/pengawas; produsen sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap produk hewan yang diproduksi/diedarkan/dipasarkan; serta konsumen yang kritis dan dapat melindungi dirinya. Pengawasan produk hewan tidak hanya ditujukan pada keamanan produk hewan  di peredaran, namun juga dalam rangka peningkatan daya saing produk hewan dalam negeri. Dalam upaya penjaminan keamanan dan mutu produk hewan yang beredar dan mempermudah pengawasan peredaran dilapangan maka sistem Registrasi dan Sertifikasi Produk Hewan sangat dibutuhkan. Berikut disampaikan hasil pengawasan Pangan Segar asal Peternakan dari Dinas Pertanian DIY.

Berbagai program dan kegiatan Pengawasan Peredaran Pangan Olahan  telah dilaksanakan oleh BBPOM di Yogyakarta menuju keamanan pangan,  namun demikian masih ditemukan juga beberapa pelanggaran baik dilakukan secara sengaja maupun karena ketidaktahuan dari pelaku usaha. Koordinasi dan kerjasama lintas sektor perlu ditingkatkan secara terus menerus, karena terwujudnya penyelenggaraan Keamanan Pangan di setiap rantai pangan secara terpadu merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat dan daerah. Perlu peningkatan peran serta masyarakat melaui Komunikasi, Informasi dan Edukasi keamanan pangan dalam rangka menurunkan demand pangan tidak memenuhi syarat.

Lainnya :
*
Penerimaan Hibah KRPL Tahun 2018
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 09-07-2018 |
*
Kunjungan Special Reporter (SR) Dewan Hak Azasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) ke Kulon Progo
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 16-04-2018 |
*
Diseminasi Perda - Pergub Penjaminan Mutu dan Keamanan PSAT di Daerah Suplier
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 30-10-2017 |
*
BKPP DIY Sosialisasikan HET Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 27-10-2017 |
*
BKPP DIY Lakukan Pemantauan Mutu Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 19-10-2017 |

Beranda Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan