Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Workshop Hasil Pengembangan Produk Bersertifikat PIRT Berbasis Pangan Lokal di DIY
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 30-11-2016 |

Kegiatan pengembangan pangan lokal adalah untuk mengembangkan potensi pangan lokal sumber karbohidrat selain beras dan terigu berdasarkan pada potensi agroekosistem wilayah yang mendorong pengembangan sumber daya pangan dan perbaikan gizi masyarakat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan rantai nilai komoditas lokal yang produknya digunakan dalam program pangan untuk masyarakat luas sebagai alternatif beras dan terigu.

Salah satu upaya dalam pengembangan konsumsi pangan dilaksanakan melalui pengembangan pangan lokal, karena pangan lokal merupakan pangan yang sudah dikenal, mudah diperoleh disuatu wilayah, jenisnya beragam dan dapat  diusahakan baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk dijual. Dengan demikian, pengembangan pangan lokal diharapkan dapat meningkatkan konsumsi pangan yang beragam ditingkat rumah tangga sekaligus meningkatkan pendapatan keluarga.

Desain pelaksanaan dan rancangannya terbagi dalam 3 (tiga) kategori yaitu : (1) Penyediaan dan pengembangan produk (jagung, ubi kayu, ubi jalar, talas dan sagu); (2) Strategi bisnis unit usaha untuk menghasilkan pangan pokok berbahan pangan lokal; (3) Strategi pemasaran sosial yang mendorong penerimaan masyarakat dan mengurangi konsumsi pangan lokal non beras dan terigu dan (4) Mengembalikan kesadaran masyarakat untuk kembali pada pola konsumsi pangan pokok asalnya melalui penyediaan bahan pangan selain beras dan terigu dari sumberdaya lokal.

Salah satu tugas dan kewenangan pemerintah sebagai regulator antara lain memfasilitasi pengembangan pangan olahan berbasis pangan lokal di DIY kepada kelompok wanita produsen pangan bersertifikat PIRT berbasis pangan lokal. Mekanisme fasilitasi tersebut antara lain dengan peningkatan pengetahuan diikuti dengan praktek lapangan di KWT yang telah memproduksi beraneka macam pangan olahan bersertifikat jaminan keamanan pangan (PIRT,PD) serta berbahan baku pangan lokal.

Tujuan dari diselenggarakannya Workshop Hasil Pengembangan Produk Bersertifikat PIRT Berbasis Pangan Lokal di DIY T.A. 2016 pada tanggal 28-29 November 2016 antara lain untuk mengetahui  perkembangan  maupun  hambatan  usaha kelompok wanita tani (KWT) dalam memproduksi pangan lokal  bersertifikat PIRT/PD ; meningkatkan pengetahuan anggota KWT mengenai diversifikasi pangan olahan berbahan baku lokal dan pengolahan pangan yang aman konsumsi ; serta memfasilitasi pertemuan antara produsen pangan lokal (kelompok wanita tani), distributor makanan maupun instansi terkait untuk mengatasi hambatan yang muncul maupun untuk pembinaan di masa yang akan datang.

Dengan peserta sejumlah 40 orang untuk 4 Kabupaten dan Kota se-DIY, masing-masing peserta terdiri dari kelompok wanita produk pangan lokal, distributor makanan, petugas Kabupaten dan Provinsi. Dilanjutkan pemberian Kiat Sukses Bisnis ala Pamella Supermarket dan Kemitraan UMKM oleh Noor Liesnani Pamella. Berikut cara berbisnis yang sukses menurut owner  Pamella Supermarket :

  1. Niat kerja ikhlas karena Allah SWT
  2. Menyenangi pekerjaan
  3. Tentukan visi dan misi
  4. Jujur dan amanah (bisa dipercaya)
  5. Memulai bisnis dengan modal pribadi
  6. Kerja keras dan semangat tinggi
  7. Belajar bisnis terkini
  8. Pandai + proaktif mengamati dan menindaklanjuti peluang.
  9. Menjaga keutuhan rumah tangga
  10. Selalu berdo’a dan menjalankan perintah Allah serta menjauhi laranganNya.

Acara berlangsung selama 2 (dua) hari yang pada hari kedua tanggal 29 November 2016 dilaksanakan kunjungan ke KWT Putri 21, Gunungkidul.

 

Lainnya :
*
Penerimaan Hibah KRPL Tahun 2018
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 09-07-2018 |
*
Kunjungan Special Reporter (SR) Dewan Hak Azasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) ke Kulon Progo
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 16-04-2018 |
*
Diseminasi Perda - Pergub Penjaminan Mutu dan Keamanan PSAT di Daerah Suplier
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 30-10-2017 |
*
BKPP DIY Sosialisasikan HET Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 27-10-2017 |
*
BKPP DIY Lakukan Pemantauan Mutu Beras
Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 19-10-2017 |

Beranda Bidang Konsumsi dan Kewaspadaan Pangan