Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Sosialisasi dan Bimtek Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) Th 2017
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 09-12-2016 |


 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah (Pemda), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tahun 2017 serta dalam rangka mendorong gerakan “One Day One Innovation”, Biro Organisasi Setda DIY melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) tahun 2017 pada tanggal 1, 2 dan 6 Desember 2016.

Drs. YB Jarot Budi Harjo, Kepala Biro Organisasi Setda DIY menyampaikan Arah Kebijakan Pemda DIY dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di DIY. Inovasi Pelayanan Publik adalah Terobosan pelayanan publik yang merupakan gagasan ide kreatif orisinal dan atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen penyelenggara layanan dalam membangun dan  menumbuhkembangkan inovasi pelayanan publik, sejak tahun 2014 dilakukan kompetisi inovasi pelayanan publik bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Perlunya Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik ini untuk mendorong penciptaan/pembentukan inovasi, menumbuhkan suasana kompetitif antar K/L/D, dan inovasi yang berkualitas dan dapat direplikasi.  Pada tahun 2017 mendatang akan dilaksanakan Pendampingan Penyusunan Inovasi Pelayanan Publik bagi seluruh penyelenggara pelayanan publik di lingkungan Pemda DIY sesuai Pergub No. 44 Tahun 2016 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Inovasi Pelayanan Publik.

KUNCI SUKSES  INOVASI PELAYANAN  PUBLIK

  1. KOMITMEN PIMPINAN (Membuat kebijakan, mengarahkan, memfasilitasi anggaran, memberikan tugas dan fungsi yang mendorong inovasi dan membiasakan berinovasi agar inovasi menjadi budaya organisasi) 
  1. KEMAUAN PIMPINAN SATUAN KERJA (Faktor kekuatan dan peluang pimpinan satuan kerja dalam berinovasi lebih kuat dibandingkan dengan hambatan dan kelemahannya)
  1. SUMBERDAYA MANUSIA YANG ANDAL (Menterjemahkan gagasan pimpinan untuk merealisasikan dalam bentuk inovasi)

Sistem Informasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) adalah sistem berbasis web yang memuat jaringan informasi dan dokumentasi dalam rangka memfasilitasi pembangunan inovasi pelayanan publik. Tujuannya guna menjaring inovasi pelayanan publik dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah, menetapkan inovasi pelayanan publik yang diberikan penghargaan dalam rangka peningkatan inovasi pelayanan publik serta menggunakan inovasi pelayanan publik yang terpilih sebagai bahan untuk melakukan transfer pengetahuan/replikasi inovasi pelayanan publik.

Persyaratan Inovasi yang Dapat Mengikuti Kompetisi

  1. Memberikan perbaikan pelayanan publik.
  2. Memberikan manfaat bagi masyarakat.
  3. Dapat dan/atau sudah direplikasi.
  4. Berkelanjutan.
  5. Inovasi sudah dilaksanakan minimal 1 (satu) tahun.

Kategori  Inovasi

  1. Tata kelola pemerintahan, meliputi salah satu atau lebih unsur partisipasi, akuntabilitas, transparansi, efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, kualitas regulasi, penegakan hukum, ketertiban sosial, dan kontrol terhadap korupsi dalam pelayanan publik.
  2. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
  3. Perbaikan kesejahteraan sosial dalam penyelesaian masalah-masalah sosial.
  4. Pelayanan langsung kepada masyarakat yaitu pelayanan yang dilaksanakan melalui kontak langsung dengan masyarakat yang manfaatnya dirasakan langsung.

Proposal inovasi pelayanan publik diajukan oleh Penghubung UIP secara online kepada Admin Lokal melalui situs resmi kompetisi yaitu sinovik.menpan.go.id. Admin Lokal melanjutkan penyerahan proposal inovasi pelayanan publik kepada Admin Kementerian atau melakukan koreksi sebelum diserahkan kepada Admin Kementerian secara online.

Agenda Kompetisi SINOVIK tahun 2017 adalah sebagai berikut:

 

Lainnya :
*
PUNCAK ACARA PERINGATAN HARI PANGAN SEDUNIA XXXVII DIY TAHUN 2017
Sekretariat
Oleh : Andi Bagus | 12-09-2017 |
*
FGD Pengembangan Desa Percontohan
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 08-05-2017 |
*
Rapat Pengelolaan Website
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 13-04-2017 |
*
BKPP DIY GELAR RAKER PEMBANGUNAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 03-04-2017 |
*
Workshop Pembangunan Ketahanan Pangan 2017
Sekretariat
Oleh : Sekretariat | 10-03-2017 |

Beranda Sekretariat