Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
BUAH PISANG KAYA MANFAATNYA BAGI TUBUH
Tips
Oleh : Sekretariat | 10-01-2017 |

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak ditemui di Indonesia. Buah pisang ini mudah sekali didapatkan dengan harga yang terjangkau. Hampir di setiap pelosok daerah, terdapat berbagai macam pisang. Pisang tumbuh sekitar 107 negara dan menempati peringkat keempat diantara dunia tanaman pangan yang di nilai secara moneter.

Manfaat pisang sudah tidak diragukan lagi, ini sebabnya pisang menjadi salah satu tanaman yang menjadi primadona di Indonesia.

1. Pisang kaya kandungan vitamin . Pisang mengandung vitamin C, 100 gr pisang tersedia 8.7 mg vitamin C untuk tubuh. Vitamin C dapat melindungi tubuh terhadap stres oksidatif maupun malnutrisi.

Pisang juga mengandung vitamin B6, 225 gr pisang terkandung 0,8 mg vitamin B6 untuk tubuh. Vitamin B6 berperan untuk kelancaran fungsi sistem saraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melawan infeksi.

Satu pisang ukuran sedang mengandung 24 mcg asam folat. Asam folat (Vitamin B9) berperan untuk membantu mengurangi resiko cacat sistem saraf pusat seperti spina bifida pada bayi yang belum lahir. Asam folat ini penting untuk ibu hail guna mencegah kecacatan lahir.

Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel.

2. Pisang kaya kandungan potasium dengan kadar potasium mencapai 400 mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Pisang kaya kalsium, 100 gr pisang mampu memasok 5 mg kalsium untuk tubuh. Kalsium sangat penting untuk pembentukan, pemeliharaan kekuatan tulang dan gigi serta memperlancar pelepasan neurotransmiter dan kontraksi otot.

4. Pisang mengandung senyawa protease inhibitor yang berfungsi melindungi perut dari bakteri yang menyebabkan gangguan perut.

5. Pisang sumber fructooligosaccharides yang bertindak sebagai prebiotik seklaigus merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

6. Pisang juga merupakan sumber yang baik dari karotenoid yang merupakan antioksidan yang berperan dalam melindungi tubuh terhadap kondisi penyakit kronis.

Asupan pisang yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 4700 miligram per hari.

Sumber :

http://www.amazine.co/23221/ketahui-7-nutrisi-penting-kandungan-kalori-dalam-pisang/

http://mediskus.com/nutrisi/sumber-makanan-yang-mengandung-asam-folat

http://khasiatmanfaatsehat.blogspot.co.id/2014/01/kandungan-nutrisi-buah-pisang.html

http://manfaat.co.id/9-manfaat-pisang-bagi-kesehatan-dan-pengobatan-penyakit

Lainnya :
*
Tips Sehat dan Aman Memilih Takjil
Tips
Oleh : Sekretariat | 23-05-2018 |
*
3 Manfaat Kedelai Untuk Kecantikan
Tips
Oleh : Sekretariat | 14-04-2016 |
*
Cara Memilih Makanan Sehat Dan Bergizi Untuk Tubuh
Tips
Oleh : Sekretariat | 11-04-2016 |
*
Kandungan Gizi ubi jalar dan manfaatnya bagi kesehatan
Tips
Oleh : Sekretariat | 30-03-2016 |
*
TIPS MEMILIH KEMASAN PANGAN YANG AMAN
Tips
Oleh : Sekretariat | 05-01-2016 |

Beranda Tips