Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
SOSIALISASI CADANGAN PANGAN
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-01-2017 |

Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, cadangan pangan merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Berdasarkan hal ini, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan pertemuan sosialisasi cadangan pangan pada tanggal 24 Januari 2017 di Ruang Rapat Dewi Sri.

Cadangan pangan adalah persediaan bahan pangan pokok yang disimpan oleh pemerintah dan masyarakat yang dapat dimobilisasi secara cepat untuk keperluan konsumsi maupun menghadapi keadaan darurat dan antisipasi terjadinya gejolak harga.

Dalam sosialisasi cadangan pangan yang dibuka oleh Kepala BKPP DIY Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si, disampaikan bahwa perlu ada evaluasi mengenai tertib administrasi, output, manfaat dan dampak yang diperoleh dari program lumbung masyarakat. Lumbung pangan adalah tempat atau bangunan untuk menyimpan padi atau bahan pangan lain.

Penyediaan cadangan pangan di tingkat masyarakat sebesar 500 kg ekuivalen beras ditingkat RT untuk kebutuhan minimal 3 bulan yang bersifat pangan pokok tertentu dan sesuai dengan potensi lokal. Adanya lembaga cadangan pangan masyarakat minimal 1-2 unit di setiap kecamatan yang berfungsi untuk antisipasi masalah pangan pada musim paceklik, gagal panen, bencana alam skala lokal dan antisipasi keterlambatan pasokan pangan dari luar.

Kepala bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Ir. Syam Arjayanti, MPA juga menjelaskan bahwa dengan terjadinya pertambahan penduduk maka akan diikuti dengan permintaan pangan yang terus meningkat. Selain itu, adanya kelangkaan dan kompetisi pemanfaatan sumber daya juga terus berlanjut, dampak anomali iklim semakin sulit diprediksi, serta perkembangan ekonomi dan perdagangan internasional, maka perlu adanya kebijakan proteksi dan promosi untuk pangan strategis dan fair trade.

Berdasarkan UU Pangan Nomor 18 Tahun 2012, Pemerintah dan masyarakat bertanggung jawab mewujudkan ketahanan pangan. Tanggung jawab pembangunan ketahanan pangan bagi pemerintah yaitu menyelenggarakan peraturan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan terhadap ketersediaan pangan. Sedangkan tanggung jawab masyarakat berperan dalam menyelengarakan produksi, penyediaan, perdagangan, dan distribusi serta sebagai konsumen.

Tujuan dari pengembangan cadangan pangan masyarakat adalah :

  1. Meningkatkan volume stok cadangan pangan di kelompok lumbung pangan untuk menjamin akses dan kecukupan pangan bagi anggotanya terutama yang mengalami kerawanan pangan
  2. Meningkatkan kemampuan pengurus dan anggota kelompok dalam pengelolaan cadangan pangan
  3. Meningkatkan fungsi kelembagaan cadangan pangan masyarakat dalam penyediaan pangan secara optimal dan berkelanjutan.

Dalam hal ini, BKPP DIY mengembangkan lumbung pangan masyarakat yang dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat agar kelompok memiliki kemampuan dalam mengindentifikasi dan menganalisa kebutuhan kelompok, menyusun rencana untuk pengembangan dan keberlanjutan cadangan pangan dan menerapkan rencana kegiatan yang telah disusun bersama dan difasilitasi oleh aparat Provinsi dan Kabupaten.

Bambang Dwi Witjaksono R, SP., ME. selaku Sekretaris Badan memaparkan mengenai Peraturan Gubernur DIY Nomor 60 Tahun 2016 tentang tata cara hibah dan bantuan sosial. Dalam hal ini ada dua persyaratan penting yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan hibah, yaitu SK terdaftar yang dikeluarkan oleh Gubernur melalui SKPD dan memiliki surat keterangan domisili dari lurah atau kepala desa setempat.

Perwakilan dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY Bapak Sunarjo menyampaikan bahwa hibah tujuan dalam rangka penyelenggarakan kepentingan pemerintah daerah dengan bantuan masyarakat. Hibah uang dianggarkan oleh DPA-PPKD sedangkan hibah barang dianggarakan oleh DPA-SKPD.

Adapun administrasi yang perlu ada untuk mendapatkan hibah barang, antara lain :

  1. Juknis
  2. Proposal usulan
  3. NPHD
  4. Pakta Integritas
  5. Copy kartu identitas
  6. Berita Acara Serah Terima (BAST) barang.

Penerima hibah wajib menyampaikan laporan penggunaan hibah barang kepada Gubernur melalui SKPD Teknis dengan tembusan kepada Inspektorat.

 

 

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan