Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
BIMBINGAN TEKNIS KETERSEDIAAN PANGAN 2017
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 27-01-2017 |

Penyusunan data ketersediaan pangan bertujuan untuk mengetahui surplus atau tidaknya kondisi pangan di suatu daerah pada suatu waktu sehingga dapat dijadikan acuan dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan yang menyangkut ketahanan pangan.

Bimbingan Teknis Ketersediaan Pangan dilaksanakan pada tanggal 25 - 26 Januari 2017 yang diperuntukkan bagi petugas penyusun data ketersediaan pangan kabupaten di DIY dengan tujuan agar petugas penyusun data ketersediaan pangan pangan mendapatkan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan dalam penyusunan data ketersediaan pangan agar diperoleh data dan analisis ketersediaan dan kebutuhan yang dapat dipertanggungjawabkan sebagai bahan didalam mengambil kebijakan di bidang pangan.

Pertemuan secara resmi dibuka oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si dilanjutkan dengan penyampaian materi hari pertama oleh Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Ir. Syam Arjayanti, MPA mengenai Penyusunan Neraca Bahan Makanan (NBM) dan Analisis Ketersediaan Pangan Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan Pola Pangan Harapan (PPH), dilanjutkan dengan praktek penyusunan data secara langsung yang dipandu oleh Ibu Yunaryatmi, S.Pt.

Manfaat Penyusunan NBM adalah untuk :

  1. Mengetahui jumlah penyediaan pangan, penggunaan pangan dan ketersediaan pangan per kapita untuk konsumsi penduduk;
  2. Mengevaluasi pengadaan dan penggunaan pangan;
  3. mengevaluasi tingkat ketersediaan pangan berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan komposisinya berdasarkan Pola Pangan Harapan (PPH),
  4. Bahan acuan dalam perencanaan produksi/pengadaan pangan, serta sebagai
  5. Bahan perumusan kebijakan pangan dan gizi.

Sedangkan penyusunan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan Pola Pangan Harapan (PPH) bermanfaat untuk menilai / mengevaluasi ketersediaan dan konsumsi pangan dan menyusun perencanaan ketersediaan dan konsumsi pangan.

Kegiatan Bimtek hari ke-2, disampaikan materi antara lain Penyusunan Pola Pangan Harapan (PPH) Konsumsi oleh Kasubbid Pengembangan Mutu Konsumsi Pangan, Puryanta, SP, kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung yang dipandu oleh Staf Subbid Pengembangan Mutu Konsumsi Pangan, Cahyo Risdianto, SP.

Materi penting selanjutnya yaitu mengenai Analisis Pola Panen dan Produksi Bulanan Padi, Jagung dan Kedelai serta Penyusunan Prognosa Kebutuhan Pangan Menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) dilanjutkan dengan Praktek Langsung.

Kegunaan Analisis Pola Panen dan Produksi Bulanan Padi, Jagung dan Kedelai antara lain sebagai acuan untuk mengetahui waktu bulan yang mengalami surplus atau defisit, sebagai acuan untuk menentukan manajemen cadangan pangan dan sebagai acuan untuk menentukan kapan stabilitas harga diperlukan.

Sementara manfaat Penyusunan Prognosa Kebutuhan Pangan Menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) yaitu tersedianya data prognosa (perkiraan) tingkat kebutuhan dan ketersediaan bahan pangan menjelang HBKN sebagai bahan koordinasi dalam penyusunan kebijakan penyediaan pangan menjelang HBKN.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Bimtek Ketersediaan ini, peserta yang bertanggung jawab sebagai petugas penyusun data ketersediaan pangan kabupaten dapat segera menyusun data-data ketersediaan pangan baik Neraca Bahan Makanan (NBM), Analisis Ketersediaan Pangan Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan Pola Pangan Harapan (PPH, Pola Pangan Harapan (PPH) Konsumsi, Analisis Pola Panen dan Produksi Bulanan Padi, Jagung dan Kedelai serta Penyusunan Prognosa Kebutuhan Pangan Menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) sebagai bahan didalam pengambilan kebijakan di bidang pangan tingkat kabupaten.

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan