Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Verifikasi Kegiatan Penguatan LDPM 2017
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 06-02-2017 |

Berdasarkan Undang-Undang Pangan Nomor 18 Tahun 2012 Pasal 3, menyatakan bahwa Pemerintah berkewajiban mengelola stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok, mengelola cadangan pangan pokok pemerintah, distribusi pangan pokok untuk mewujudkan kecukupan pangan pokok yang aman dan bergizi bagi masyarakat, dan diperjelas dalam Inpres Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah / Beras dan Penyaluran Beras Oleh Pemerintah. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 168 Tahun 2015 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah Pada Kementerian Negara / Lembaga, menyatakan bahwa program peningkatan diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat dilakukan melalui Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM).

Ketahanan pangan merupakan program prioritas pembangunan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang dicirikan dengan adanya ketersediaan pangan yang cukup secara makro. Kegiatan penguatan LDPM dilaksanakan dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan Gapoktan terhadap jatuhnya harga di saat panen raya dan masalah aksesibilitas pangan di saat paceklik.

Tahun 2017 ini kegiatan penguatan LDPM di DIY diarahkan untuk tahap pengembangan. Salah satu kegiatan dalam tahap pengembangan yaitu mengevaluasi Gapoktan dan pendamping sesuai kriteria. Hal ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun dalam menajaga ketahanan pangan yang dilaksanakan dalam program LDPM. Kehadiran LDPM diharapkan mampu memberdayakan Gapoktan untuk terus berkembang.

Pada tahap ini terdaftar 3 (tiga) Gapoktan, masing-masing di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Sleman 2 Gapoktan dan Kabupaten Kulon Progo 1 Gapoktan. Dua Gapoktan dari kabupaten Sleman yaitu Gapoktan Sendang Arum (Desa Sendang Arum, Kecamatan Minggir) dan Gapoktan Dadi Mandiri (Desa Margo Dadi, Kecamatan Segan). Gapoktan dari kabupaten Kulon Progo yaitu Gapoktan Bumi Rahayu (Desa Bugel, Kecamatan Panjatan). Setelah diverifikasi ketiga Gapoktan tersebut memenuhi syarat untuk melaksanakan kegiatan LDPM di tahap pengembangan.

Apabila ada Gapoktan yang pada tahap ini belum mencapai kinerja sesuai dengan yang ditetapkan, masih ada kesempatan bagi lembaga ini untuk meningkatkan kinerjanya dalam satu tahun lagi sampai dinyatakan memenuhi syarat masuk ke tahap pengembangan.

 

 

Lainnya :
*
Optimalkan Serapan Gabah, BKPP DIY Gelar Rakor
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-08-2018 |
*
BKPP DIY Ikut Ramaikan Hari Jadi Sleman
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Toko Tani Indonesia Center (TTIC) DIY Adakan Bazaar Selama 12 Hari
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-05-2018 |
*
BKPP DIY Adakan Temu Gapoktan bersama Koppasindo
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 22-03-2018 |
*
Toko Tani Indonesia (TTI) Center Ikuti Pameran Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
Bidang Distribusi Pangan
Oleh : Sekretariat | 15-03-2018 |

Beranda Bidang Distribusi Pangan