Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Apresiasi Panel Harga Tingkat Nasional Tahun 2017 di DIY
Berita Eksternal
Oleh : Sekretariat | 11-02-2017 |

Apresiasi Panel Harga Tingkat Nasional Tahun 2017 yang dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 6 - 9 Februari 2017 bertempat di Hotel Swiss Bell, Jalan Jenderal Sudirman No 69 Yogyakarta. Kegiatan Apresiasi Panel Harga Tingkat Nasional Tahun 2017 ini diikuti oleh 33 Instansi Pemerintah yang menangani ketahanan pangan dari masing-masing provinsi seluruh Indonesia. 

Dalam pertemuan ini menghadirkan beberapa narasumber dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY, Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan beserta Bidang Harga Pangan BKP Kementerian Pertanian RI, Fakultas Pertanian UGM dan Bank Indonesia. 

Latar belakang dari diadakannya pertemuan ini yaitu perlunya data / informasi pasokan dan harga pangan yang terkini (up to date), perlunya respon yang cepat untuk mengatasi gangguan / gejolak harga dan pasokan pangan, serta terbatasnya data / informasi pasokan dan harga pangan masyarakat dari kabupaten ke provinsi dan ke pusat.

Tujuan pertemuan ini adalah untuk menyediakan data / infomasi yang cepat dan akurat tentang harga dan pasokan pangan sebagai bahan deteksi dini guna mengantisipasi terjadinya ganguan distribusi pangan di pusat dan daerah. Tujuan lainnya yaitu menyediakan hasil analisis tentang harga dan pasokan pangan secara periodik sebagai bahan perumusan kebijakan di pusat dan daerah. Dari tujuan tersebut diharapkan dapat mencapai sasaran berupa tersedianya data / informasi yang cepat dan akurat mengenai harga dan pasokan pangan nasional sebagai bahan deteksi dini guna mengantisipasi terjadinya gejolak harga dan kelangkaan pasokan pangan serta tersedianya hasil analisis tentang harga dan pasokan pangan nasional secara periodik sebagai bahan perumusan kebijakan.

Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner baku, yaitu kuesioner data dasar, kuesioner data enam bulanan dan kuesioner data mingguan. Kuisioner data dasar mencangkup panel produsen dan panel pedagang yang menggambarkan kondisi wilayah kabupaten. Kuisioner data enam bulanan dengan panel produsen yang menggambarkan kondisi wilayah / kota, sedangkan panel pedagang menggambarkan kondisi setiap responden pedagang grosir dan eceran. Kuisioner data mingguan, panel produsen mencatat luas panen, harga gabah tingkat petani, harga dan stok gabah / beras di tingkat penggilingan serta harga jagung, kedelai, bawang merah dan cabai keriting di tingkat petani sedangkan panel pedagang mencatat data harga dan pasokan pangan di tingkat pedagang grosir dan eceran.

Variabel yang dipantau : padi sebagai varietas unggul, jagung pipilan kering, kedelai, bawang merah dan cabai merah keriting, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir lokal, minyak goreng curah, terigu curah, daging sapi murni dan sapi hidup. Output yang dihasilkan dari kegiatan panel harga pangan tersebut yaitu terkumpulnya informasi harga dan pasokan pangan strategis nasional dari provinsi se-Indonesia, sistem informasi panel harga pangan serta hasil analisis kondisi harga dan pasokan di tahun 2017.

 

Peserta Apresiasi Panel Harga Tingkat Nasional Tahun 2017

 

 

 

 

 

 

Lainnya :
*
Kebutuhan Pangan DIY Meningkat di Akhir Tahun
Berita Eksternal
Oleh : Sekretariat | 27-12-2017 |
*
BKPP DIY Hadiri Open House Gubernur DIY
Berita Eksternal
Oleh : Sekretariat | 04-07-2017 |
*
BKPP DIY DAN DINAS PERTANIAN DIY GELAR SYAWALAN BERSAMA
Berita Eksternal
Oleh : Sekretariat | 04-07-2017 |
*
BKPP dan Jogja Benih Ikut Memeriahkan Hari Krida Pertanian Ke-45
Berita Eksternal
Oleh : Sekretariat | 18-06-2017 |
*
BKPP DIY Ikut Berpartisipasi Dalam Invesda Expo 2017
Berita Eksternal
Oleh : Sekretariat | 22-05-2017 |

Beranda Berita Eksternal