Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
BIMBINGAN TEKNIS PENGUATAN CADANGAN PANGAN 2017
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 20-02-2017 |

Guna mewujudkan penguatan cadangan pangan maka diselenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Gapoktan oleh Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan BKPP DIY. Pertemuan itu telah terlaksana pada tanggal 10 – 15 Februari 2017 bertempat di Ruang Rapat Dewi Sri BKPP DIY. Bimtek ini terselenggara dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai peranan Gapoktan dan pendampingan dalam kegiatan ketersediaan pangan. Acara Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan dan dihadiri oleh kelompok lumbung pangan masyarakat dari empat kabupaten, penyuluh pendamping dan petugas kabupaten se-DIY.

Agenda hari pertama mengangkat tema Pengelolaan Cadangan Pangan Masyarakat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, Dinamika Kelompok, dan pengalaman kelompok memperoleh badan hukum dari Kemenkumham. “Adanya dinamika kelompok terjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan usaha kelompok, mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar dalam usaha dan menumbuhkan iklim demokrasi dalam kehidupan kelompok” ujar Herutoyo, S.P.

Pada hari kedua, Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan membawa tema : Meningkatkan ketersediaan pangan di desa. “Ketersediaan Lahan per Kapita di Indonesia 358,5 m2 per kapita dan luas lahan sawah DIY di tahun 2002-2010 56,538 ha”, tegas Ir. Syam Arjayanti, M.PA.

“Tanah sawah di DIY setiap tahun semakin berkurang luasnya karena adanya alih fungsi lahan” tambah Wakil Ketua III TP PKK DIY Ir. Hj Asyantini, MM. Kondisi tersebut mempengaruhi produksi tanaman pangan terutama bahan pangan. Disisi lain jika terjadi kenaikan harga pangan pokok di pasaran yang tidak terkendali akan menambah keresahan yang berkepanjangan di masyarakt sehingga akan buruk akibatnya. Kondisi seperti ini tidak dapat dibiarkan sehingga perlu ada tindakan untuk mengatasinya. Hal tersebut yang menjadi dasar berdirinya lumbung pangan.

Pada hari ketiga, pembahasan mengenai penyusunan anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART) dilanjutkan dengan pembahasan administrasi dan pelaporan lumbung pangan oleh Ibu Irridiani Purinung S. Jaminan keamanan dan mutu beras juga turut disampaikan dalam pertemuan ini. Selain itu, bimtek  ini juga dipaparkan  terkait penyimpanan dan tata kelola gudang untuk komoditas padi, jagung dan ubi kayu yang dipaparkan oleh Nugroho Siswanto dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta.

Gapoktan Sidomulyo dalam pertemuan ini juga memberikan gambaran mengenai usaha lumbung pangan melalui kemitraan. Gambaran yang diberikan adalah berupa permodalan dan fasilitas penunjang yang menunjang diversifikasi lumbung pangan.

Pertemuan terakhir dari serangkaian bimtek penguatan cadangan pangan ini ditutup dengan paparan rencana tindak lanjut dari Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan BKPP DIY.

 

Lainnya :
*
Kunjungan Ke Lokasi Lumbung Pangan Masyarakat Sumatera Barat
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Admin | 16-08-2018 |
*
BKPP DIY Selenggarakan Lomba Desa Mandiri Pangan Tahun 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-07-2018 |
*
Sosialisasi Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 17-07-2018 |
*
Pembahasan Lomba Desa Mandiri Pangan 2018
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 25-05-2018 |
*
BKPP DIY Kembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari
Bidang Ketersediaan Pangan
Oleh : Sekretariat | 26-02-2018 |

Beranda Bidang Ketersediaan Pangan