Logo DIY jogja istimewa
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Aparat Pemerintah Dan Kelembagaan Masyarakat Provinsi DIY Meraih Penghargaan Ketahanan Pangan Tingkat Nasional Tahun 2010
Umum
Oleh : Admin | 01-05-2012 |

Dalam rangka meningkatkan dinamika masyarakat tani dan mutu pelayanan oleh aparat pemerintah, Kementerian Pertanian RI pada tahun 2010 ini telah memberikan penghargaan kepada :

  1. Kelembagaan masyarakat yang mempunyai inisiatif, komitmen tinggi dan keunikan dalam melaksanakan berbagai kegiatan nyata dalam mewujudkan ketahanan pangan,
  2. Aparat pemerintah Provinsi/Kabupaten/kota yang telah menyelenggarakan pelayanan, pengaturan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui upaya-upaya peningkatan ketersediaaan pangan, penyediaan cadangan pangan masyarakat, peningkatan kelancaran dan efisiensi distribusi pangan, penganekaragaman konsumsi pangan dan peningkatan penanganan keamanan pangan serta pencegahan dan penanggulangan rawan pangan dan gizi.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, aparat Pemerintah dengan kelembagaan masyarakat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sesuai usulan dari BKPP Provinsi DIY telah menerima Penghargaan Ketahanan Pangan Tingkat Nasional Tahun 2010 dari Bapak Presiden RI pada hari Jum’at, tanggal 3 Desember 2010 bertempat di Istana Negara Jakarta. Adapun penerima penghargaan sebagai berikut :

No. Penghargaan Tk Nasional Penerima Juara
1.
Gubernur
Sri Sultan Hamengku Buwono X
1
2.
Kepala Desa
Bayu Bintoro, SE (desa Wukirsari, kec.Imogiri, kab.Bantul)
1
3.
Kelompok Binaan PKK
KWT “KSP Merapi Mulyo” (desa Girikerto, kec.Turi, kab.Sleman)
1
4.
Kelompok Cadangan Pangan Masyarakat
Lumbung Pangan “Taruno Mulyo” (dusun Panggung, desa Argomulyo, kec. Cangkringan, kab. Sleman)
1
5.
Lembaga Kemasyarakatan
Pondok Pesantren “Lintang Songo”, (dusun Pagergunung 1, desa Sitimulyo, kec. Piyungan, kab. Bantul)
1
6.
FMA (Farmer Managed Extension)
FMA desa Wijirejo, kec. Pandak, kab. Bantul
3

Setelah penerimaan penghargaan dari Bapak Presiden RI, dilanjutkan dengan acara tatap muka dan dialog dengan Bapak Menteri Pertanian RI khususnya pertemuan dengan unit eselon I yaitu Badan Ketahanan Pangan dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian RI.

Disamping menerima penghargaan ketahanan pangan di Istana Negara Jakarta, dalam rangka Bulan Mutu Tingkat Nasional Tahun 2010 yang mengambil tema “Gerakan Nasional Penerapan SNI untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Nasional” yang dilaksanakan di Denpasar Provinsi Bali, juga diterimakan Sertifikat Re-Verifikasi kelembagaan OKKPD Provinsi DIY dari Kementerian Pertanian RI sebagai lembaga/institusi yang berhak melaksanakan pelayanan sertifikasi jaminan mutu pada produk pangan segar hasil pertanian. Pelaksanaan penyerahan sertifikat Re-verifikasi OKKPD Provinsi DIY pada hari Jum’at tanggal 3 Desember 2010 di Hotel Ina Shindu Beach, Denpasar, Bali.

Sertifikat jaminan mutu diperlukan oleh produsen bilamana produk pangan segar hasil pertanian siap bersaing di pasar global setelah menerapkan standar IndoGAP. Komoditas salak pondoh merupakan komoditas yang dominan untuk memperoleh jaminan mutu keamanan pangan produk dan siap berdaya saing di pasar global/internasional. Untuk komoditas yang lain selain salak pondoh telah dijamin mutu produknya pada komoditas cabe merah dan bawang merah.

Lainnya :
*
Makan Cokelat Dapat Mencegah Ngantuk Saat Kerja
Umum
Oleh : Sekretariat | 15-04-2016 |
*
Ragam Jenis Pangan Lokal
Umum
Oleh : Sekretariat | 26-01-2016 |
*
Ketahanan pangan
Umum
Oleh : Sekretariat | 21-01-2016 |

Beranda Umum